Pro-Kontra Ujian Nasional

Posted on

Bandung , 16 April 2013
de’unelLo

Pertengahan bulan April adalah masa-masa menegangkan bagi siswa SMA kelas 3 karena mereka akan menjalani Ujian Nasional. Atau bahkan ada yang merasa senang karena yakin bisa melewatinya dan tidak sabar menuju masa depan selanjutnya.

Berbagai pro kontra muncul tentang ujian nasional ini , termasuk di kalangan siswa sendiri. Saya juga pernah mengalami masa ini.

Manusia memang harus diuji agar bisa naik ke tingkat yang lebih tinggi. Ujian gak akanpernah lepas dari kehidupan kita. Itu smua demi masa depan kita yang lebih baik.

Tapi banyak kontra tentang hal ini. Misalnya adanya kunci jawaban yang menyebar di kalangan siswa, sehingga banyak pendapat yang menyatakan bahwa ujian nasional sia-sia saja dilakukan karena adanya kunci jawaban di kalangan siswa. Berarti tidak ada gunanya ujian itu dilakukan.

Di beberapa daerah atau mungkin di kebanyakan wilayah , kunci jawaban UN sudah menjadi rahasia umum. Semua orang sudah tau tentang hal ini.

Tetapi untuk ujian nasional tahun 2013 sepertinya hal ini mulai berkurang, beberapa SMA mulai tidak memberi kunci jawaban lagi. Mungkin karena paket UN yang diperbanyak sehingga sulit membagi kunci jawaban. Juga adanya organisasi atau kegiatan sosialisasi anti nyontek seperti yang dilakukan di beberapa sekolah di Bandung.

Bayangkan ada yang menulis seperti ini :

p

Isu UN akan dihentikan juga sudah ada sejak 6 tahun lalu. Entah apa maksud isu itu, karena buktinya sampai sekarang pun UN masih dilakukan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s